every word, every move, every expression has its own meaning. here I'm noting it.

Wednesday, August 17, 2011

66 YEARS

SELAMAT PAGI!

Saya ucapkan SELAMAT HUT ke-66 bagi Negara Indonesia yang tercinta!
semoga para koruptor segera sadar dan bertobat, semoga jajaran pemerintah semakin solid, dan semoga keutuhan bangsa ini tetap terjaga!


(nb: sambil membaca post ini disarankan untuk mendengarkan lagu Indonesia Raya, Mars Pancasila. Berkibarlah Benderaku, Hari Merdeka, dan Indonesia Pusaka)

PANCASILA dan BHINNEKA TUNGGAL IKA itu WAJIB diingat kalo ngakunya anak INDONESIA!!! Sudah gak zaman lagi SARA, itu pikiran yang sangat sempit!
Kita punya bangsa dan budaya yang beraneka ragam, kita semua ini bersaudara, sebangsa, setanah air, kenapa harus dipaksa untuk disamakan?

PERBEDAAN itu INDAH. Masalah keyakinan itu personal, sudah diatur pula di UUD 1945 pasal 29 ayat 1 dan 2. Mendingan urusin dulu koruptor, masalah-masalah kemiskinan, pendidikan, dll, dsb yang lebih esensial.
Hargai perbedaan. Kalimat-kalimat ini sampai terdengar klise, padahal penting.

Inget-inget deh apa isi PANCASILA dan apa arti BHINNEKA TUNGGAL IKA. 
Di buku PPKN/PKn/Kn (apalah nama pelajarannya sekarang) pasti sudah ditulis berulang-ulang, mulai dari masih SD sampai kuliah. 
Setiap sila di PANCASILA itu punya nilai yang sangat luhur, itu yang semestinya dijadikan pegangan setiap anak bangsa. 
ada ya anak Indonesia yang lupa? Kalo lupa, search di google atau wikipedia!
nih tak tulisin di sini
PANCASILA:
  1. Ketuhanan yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan, Perwakilan
  5. Keadilan Sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia



Sebenarnya, menurut saya pribadi, asalkan tiap orang mau mengingat isi Pancasila, yang namanya koruptor itu mestinya gak ada. Yang kayak gitu mah cuma mikirin diri sendiri, sudah gak inget lagi sama yang namanya keadilan sosial, apalagi ingat sama Tuhan.
Mau apapun agama yang dianut, dimana-mana yang namanya mencuri ya dosa.
Sumpah, gak ngerti deh apa yang dipikirin sama mereka.
Sudah dibutakan oleh uang.
Memangnya cuma situ aja yang pengen kaya?! Semua orang pasti mau, tapi tolong dong, itu uang rakyat! 

Ngeliat berita di Metro atau TV One, kadang-kadang sampai bingung. *hela napas yang sangat dalam*

Saya bukan orang yang sok atau apa, saya cuma salah satu dari sekian juta rakyat Indonesia. Di sini hanya ingin menyampaikan isi hati yang paling-paling juga gak ada yang baca.
Isu-isu yang harus dibenahi di negara ini banyak. Kita gak bisa cuma nyalahin pemerintah saja, dari kita sendiri juga harus berjuang. Gak perlu yang heboh-heboh, yang sampai harus remarkable.

Mulai aja dari hal-hal yang sederhana, yang baik dan benar bagi setiap orang.
Belajar baik-baik itu juga termasuk memperjuangkan hal baik bagi bangsa.
Buang sampah tidak sembarangan. 
Menaati peraturan-peraturan.

Setiap orang harus punya kesadaran akan hal-hal yang benar.

Simpelnya sih, berikanlah yang terbaik dari diri sendiri bagi keluarga, bagi sesama, bagi bangsa; dengan itu saja kita sudah membantu pembangunan bangsa dan negara. 

Saya gak bisa ribet-ribet membahas runutan sejarah selama 66 tahun.
Saya hanya berharap suatu saat nanti tulisan-tulisan saya, cerita-cerita yang saya buat bisa mengharumkan nama bangsa.
Impian saya adalah suatu saat nanti bisa jadi penulis Indonesia (well, sekarang juga sudah jadi penulis sih, walopun gak terkenal, hahaha)

66 tahun itu penuh perjuangan.
jangan pernah patah semangat. Berikanlah yang terbaik bagi bangsa.
Teruslah berbuat baik bagi sesama. Sadarilah apa yang benar, apa yang salah.


hidup Indonesia!

Semoga Indonesia semakin baik di tahun-tahun mendatang. Kejayaan masa lampau itu pasti bisa kembali lagi!

Tuhan memberkati kita sekalian :D




No comments:

Post a Comment