every word, every move, every expression has its own meaning. here I'm noting it.

Saturday, October 1, 2011

tentang bahasa.

lanjut lagi...
sekarang mari kita ngobrol tentang bahasa.
Bahasa Indonesia dulu deh.

Saya kadang-kadang suka bertanya-tanya, kenapa bahasa Indonesia bisa tidak begitu disukai oleh bangsanya sendiri? Maksud saya, contoh paling sederhana adalah dalam pelajaran di kelas, baik dari tingkat SD sampai kuliah sekalipun. Bahkan nilai ujian nasional bahasa Indonesia bisa lebih jelek dari bahasa Inggris atau matematika. Tidakkah itu aneh?

Hal yang bisa dibilang sejenis juga pernah terjadi ketika saya di Amerika. Saya ketika itu sedang berkumpul bersama saudara sepupu saya yang kelahiran di sana, yang artinya mereka orang Indonesia berwarga negara USA, dan hanya bisa berbicara bahasa Inggris. Entah waktu itu apa pembicaraan yang sedang terjadi di antara kami, yang pasti saya ingat adalah saya tidak sengaja nyeletuk bahwa saya suka bahasa Inggris. Mereka tertawa dan bertanya pada saya, "You like English?" ekspresi mereka menyiratkan bahwa entah-mengapa-bisa-ada-orang-yang-suka-English-amit-amit-banget-deh.

Bukankan itu bisa dikatakan serupa dengan anak-anak Indonesia? Bisa berbicara bahasa asing jauh lebih terlihat keren dibandingkan bahasa Indonesia.

Saya sendiri suka belajar bahasa asing, tapi bukan berarti saya tidak suka bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia itu keren! Bagaimana lagi bisa membuat kalimat puisi berima yang enak di dengar selain menggunakan bahasa Indonesia?


Bahasa itu adalah pengungkapan jiwa. Bahasa itu eskpresi, yang jika bisa digunakan dengan tepat dan dengan maksud yang benar, akan menjadi sesuatu yang sangat indah. Bahkan mempesona, bisa menggerakkan serta menginspirasi ribuan orang.

Saya tahu tidak semua orang menganggap pelajaran bahasa Indonesia itu menyusahkan selama di sekolah. Ini hanya sekedar pendapat dan pengamatan yang saya tangkap selama sekian tahun hidup saya.


Banggalah menggunakan bahasa Indonesia. Sama seperti orang Prancis dan Rusia yang bangga pada bahasa ibu mereka.

Karya-karya sastra Indonesia itu keren-keren, tidak kalah dengan karya sastra luar.
Semoga suatu saat karya saya juga bisa membuat negara ini bangga :D


No comments:

Post a Comment